Blog Berisi Seputar Artikel Terbaru | Aplikasi | Tutorial Komputer | Blogging | Info Penting

Apa Itu Google Dance?

Photobucket
ada-ada saja istilah dalam dunia maya ini. ada google panda, sandbox, ni saya ketemu yang baru namanya google dance. awalnya saya kira semacam hal-hal baik yang bakal menimpa blog atau website. setelah mengulas lebih lanjut, justru sebaliknya. saya dapatkan info ini dari situs rekan.hehe...so claim. meskipun tidak terlalu membahayakan tapi asik juga untuk menambah pengetahuan dan kosakata blogging sekaligus untuk perhatian kita saat blogging. (anggap biasa aja n jangan histeris y.hehe)

Photobucket
Photobucketapa itu google dance????? google dance merupakan salah satu tools algoritma yang dimiliki google yang berfungsi untuk merestrukturisasi seluruh situs yang yang sebelumnya sudah menetap di SERP (Search Engine Result Page) untuk menentukan SERP yang baru bisa naik bisa turun tergantung kompetitas konten dan kata kunci yang dibidik webmaster. Google Dance biasanya akan nampak dalam kurun waktu beberapa bulan sekali. fungsinya adalah mendeteksi validitas konten dan link yang tertanam didalamnya. apakah buatan manusia ataukah buatan autosubmit generator. sesuai dengan julukannya Google Dance yang akan mengguncang dan menggoyang ranking serta kedudukan sebuah situs. bisa dihalaman awal, kedua atau dilempar jauh ke posisi paling belakang alias juru kunci.

Photobucket
 Google dance biasanya akan menghinggapi sebuah situs, jika situs tersebut bermain-main taktik SEO (Search Engine Optimizations) secara berlebihan, dan menggunakan teknik scripting / pemrograman apapun, yang bisa menggeneralisasikan link atau konten secara otomatis, dalam jumlah banyak perharinya tanpa henti, Google dance tidak memperdulikan dan pandang bulu apakah konten itu orisinil atau tidak, jadi sekalipun konten anda orisinil kalau ternyata anda menggunakan teknik SEO taktik yang berlebihan apalagi auto, maka sudah pasti akan dihinggapi google dance.

Photobucket
Lantas apa penyebab terkena Google Dance? 
1.    Situs memiliki umur 1 atau dibawah satu tahun, tapi dengan berbagai taktik SEO yang digunakan mampu mengalahkan SERP situs situs besar, terutama pada SERP organik. Hal ini akan menjadi indikator pasti oleh robots, crawler maupun spider google untuk memberikan tanda secara invisible, untuk menentukan vonis berikutnya, apakah mau di dance atau disandbox, Ingat algoritma google ini tidak memperdulikan mau orisinil atau tidak sebuah konten, Jika orisinil resikonya adalah didance dalam beberapa hari atau bahkan bulan, Jika konten copas, resikonya di sandbox.
2.    Memiliki backlink yang tidak wajar, dan terlalu banyak, baik yang free maupun yang berbayar, atau melalui seni pertukaran link.
3.    Terlalu banyak link yang masuk perharinya menuju konten yang sama, tapi dengan identitas URL yang berbeda beda, atau terlampau dinamik.
4.    Memiliki konten dan isi yang sedikit tapi memiliki generasi link yang banyak dan beragam, apalagi jarang diupdate.
5.    Melakukan update konten yang tidak wajar dalam perharinya, Terlalu banyak dan berlebihan, meskipun anda mahir dan sudah tidak sabar memposting ide baru anda, sabar sedikit, jangan terlampau cepat, akan disayangkan jika ide anda yang bagus, dianggap atau dihinggapi google dance, hanya gara-gara anda terlampau cepat mengupdate dan menambah konten baru.
6.    Banyaknya situs baru yang bermunculan tiap harinya, dan memiliki isi dan konten yang identik dengan milik anda, jadi dengan adanya isi yang identik ini, meskipun mungkin anda yang pertama, namun gerombolan pemilik konten-konten ini akan dikarantina, dan di analisa, oleh salah satu algoritma google, mana yang akan masuk pada SERP jajaran depan. Selama dikarantina, situs akan di dancing dalam kurun waktu beberapa periode.

Photobucket

adapun ciri-ciri situs kita terkena Google Dance apabila:
1. Situs masih terindeks dengan baik oleh serp google maupun oleh search engine lain seperti yahoo, bing, ask, namun memiliki SERP Positions khusus di Google yang berbeda-beda setiap hari bahkan setiap jamnya, Jadi kadang anda mendapat trafict tinggi sekali, kadang merosot drastis, dan kadang kena lempar atau ditendang ke tiang gawang jauh pada urutan paling bontot, kemudian ke esokan harinya seperti itu lagi, dan seterusnya, selama google dance menghinggapi situs anda.
2. Ada beberapa kata kunci yang anda bidik atau tembak, namun menghasilkan SERP yang berbeda alias tidak tepat dengan kata kunci yang anda bidik, meskipun akhirnya google mereferensikan situs anda, namun dari hasil pengindekan berbeda dengan kata kunci yang anda bidik. Apakah google sedang mengigau dan ngawur menentukan SERP? Tidak sama sekali tidak, Ini yang namanya anda kena acak dari dampak algoritma google dance.

Photobucket

cara melepaskan diri dari pelukan Google Dance diantaranya:
•    Mengurangi link in, terutama pada sisi on page SEO. Bila mana perlu, blok link yang terlalu banyak masuk ke web anda, sehingga tidak tercatat berlama-lama di cache google tools. Ini akan membantu anda dibebaskan dari google dance, Jika link anda ribuan bagaimana? Lakukan semampu anda bisa, anda bisa menggeneralisasikan sampai ribuan, pastinya anda bisa menguranginya, terutama lakukan pengurangan juga dengan cara wajar, jika mengurangi terlalu cepat, google dance akan mendeteksi aktifitas ini dilakukan mesin atau script canggih buatan anda, tapi ingat jika terlalu canggih dan terlalu cepat, akan menyebabkan robots google curiga lho, meskipun anda melakukannya secara orisinil.
•    Lakukan update konten pada situs anda terutama pada halaman dengan kata kunci yang paling anda bidik, tentunya lakukan dengan wajar, terutama yang relevans dengan isi sebelumnya, jika terjadi diferensiasi update konten anda, google akan mendeteksi ini sebaagai konten baru, dan selama anda dikarantina, di google dance, link baru akan sulit sekali diindeks sebagai halaman baru.
•    Update dan tambahkan konten yang original hasil ide anda sendiri, SERP sangat membutuhkan konten seperti ini, Fresh new look. Dan lakukan backup link dengan wajar, jangan berlebihan. Jika ini dilakukan berlebihan, meskipun konten original, akan lama sekali terindeks.
•    Jika dalam masa karantina ini, jangan terlalu sering mengotimasi situs, terutama dari sisi on-page, karena akan membuat google dance semakin bingung menentukan posisi SERP anda, dan semakin lama di dancing dan digoyang-goyang sama google. Cukup kurangi link-in, dan lakukan update sewajarnya. Agar tidak seirama dengan tari-tarian google dance.
•    Kalau anda sudah bisa dan memastikan konten dan kata kunci yang anda bidik terkena google dance, Hentikan mencari backlink berlebihan, dan jangan ikut-ikutan google yang sedang menari-nari dengan seni algoritmanya, dengan membrondong link dan konten terlalu banyak.
•    Jika sudah melakukan perubahan dan perbaikan-perbaikan pada situs anda tapi masih belum ada perubahan, maka jika anda berkenan dan mantap dengan perubahan yang anda lakukan, langsung hubungi pihak google untuk meninjau ulang situs anda, agar segera posisi SERP bisa dipulihkan (Harapannya seperti itu). Untuk menggunakan fasilitas ini masuklah ke halamanGoogle Site Considerations.

Photobucket
Inti dari Google dance sebenarnya adalah google sedang bingung menempatkan posisi SERP anda, karena terlalu banyak link beragam yang masuk perharinya namun menuju konten yang identik bahkan sama.
semoga barmanfaat.

Apa Itu Google Dance? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kang Hikam

7 komentar:

  1. Haha..yang ane mudah"an egk kena google danse gan. :)

    ReplyDelete
  2. ternyata yang namanya google dance itu mengerikan banget yah gan :D

    ReplyDelete
  3. begitulah gan. tapi selama kita kreatif, google dance hanya mitos.ekekek....ada kalanya dibawah, kadang diatas

    ReplyDelete
  4. hahahhaa..googlenya sedang galau x gan..

    ReplyDelete
  5. Thank's gan infonya bermanfaat banget. Kebetulan blog saya kayaknya lagi kena google dance...
    Yah, semoga cepat berlalu... Amin...

    ReplyDelete
  6. satria wicaksana: hahahah...iya kali, bikin pusing aja
    ahmad astajib : sama-sama...amiiin :)

    ReplyDelete
  7. makasih mas, jadi paham.
    kayaknya blog saya kena google dance, serp tidak menentu dan terkadang hilang begitu saja

    ReplyDelete