Blog Berisi Seputar Artikel Terbaru | Aplikasi | Tutorial Komputer | Blogging | Info Penting

SINOPSIS SULUK SUJINAH

SINOPSIS SULUK SUJINAH. Seperti telah diuraikan pada bagian depan bahwa Suluk Sujinah ini terdiri dari tujuh pupuh. Dalam bab ini akan disampaikan sinopsis dari masing-masing pupuh.
a.    Pupuh Asmaradana
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pada pupuh ini diterangkan tentang perbedaan antara perempuan dan laki-laki, kemudian diterangkan juga mengenai syahadat tujuh dan syahadat tiga. Adapun syahadat tujuh adalah, syahadat orang awam, yaitu asyhadu an la ilaha illa Allah wa asyhadu anna Muhammadan rasulullah. Syahadah al-tariqah, yaitu la ma’budah illa Allah, syahadah haqiqah, yaitu la maujuda illa Allah, syahadah ma’rifah, yaitu la ya’rifu illa Allah. Kemudian syahadat batin, yaitu Allah-Allah jero ciptane, syahadat gaib, yaitu yahu-yahu, dan syahadah barzah, yaitu haq-haq. Sedangkan syahadat tiga adalah, syahadat muta’awwilah (permulaan) ialah syahadat lafal yang dikerjakan lahir batin, yaitu syahida ilahu annahu la ilaha illa huwa, syahadah mutawassithah (pertengahan), lafalnya, syahidina ‘ala anfusina, dan syahadah muta’ahhirah (terakhir), lafalnya, la ilaha illa huwa. Adapun syahadat yang dipergunakan sehari-hari disebut syahadat syari’ah, lafalnya la ilaha illa Allah Muh}ammad Rasulullah.
b.    Pupuh Sinom
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pupuh ini menjelaskan mengenai macam-macam nafsu dan penjelasannya, pertama nafsu amarah merupakan pintu keduniaan, kedua nafsu lawwamah adalah angin yang keluar dari hidung, ketiga nafsu suiyyah adalah air yang keluar dari dua jalan, dan keempat nafsu mutmainnah adalah nafsu yang diperoleh dengan mengerjakan shalat. Di samping itu, dalam pupuh ini dijelaskan tentang makna dan hikmah jumlah rakaat shalat fardlu, dijelaskan pula 20 sifat wajib bagi Allah  yang diringkas menjadi empat sifat, yaitu nafsiyyah, salbiyyah, ma’ani, dan ma’nawiyyah. Kemudian dijelaskan 20 sifat mustahil bagi Allah dan sifat jaiznya Allah.
c.    Pupuh Dhandanggula
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Diterangkan dalam pupuh ini berkaitan dengan sifat wajib, mustahil dan jaiznya para Rasul. Sifat wajibnya Rasul di antaranya, siddiq, amanah, dan tablig, sifat mustahilnya kiz|b, khiyanah, dan kitman, adapun sifat jaiz para Rasul seperti makan, minum, sakit dan sifat-sifat yang dimilikinya sebagai manusia. Namun, para Rasul tidak boleh memiliki cacat tubuh seperti bisu, tuli, buta, dan cacat-cacat tubuh lainnya. Pupuh ini juga menjelaskan mengenai hal-hal yang harus diketahui dan dilakukan bagi setiap mukmin baik laki-laki maupun perempuan, yaitu yang berkaitan dengan akhlak. Di samping itu dijelaskan pula tentang proses kejadian dan penciptaan Nabiyullah yang menerima zat Allah dan kemudian menjadi Nabi, karena Allah merupakan asal, arah dan tujuan dari segala nyawa. Adapun proes penciptaannya dimulai dari, mud}gah, ‘alaqah, asfah, atqah, jabarullah, ahmad, dan nukad gaib. 
d.    Pupuh Kinanthi
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pada pupuh ini diterangkan tentang makna huruf Hijaiyah dan mengenai masalah shalat yang disertai makna tiap-tiap gerakan dalam shalat. Dalam shalat hati harus bersih dari sifat khawatir dan was-was, harus ikhlas karena Allah, diresapi dan dihayati lahir batin, baik dalam keadaan berdiri, rukuk maupun duduk. Niat merupakan pekerjaan hati, yaitu jangan lalai dari mengingat Allah. Takbir adalah harus eling dan khusu’ bahwa tidak ada yang ada kecuali zat Allah. Membaca fatihah adalah menciptakan munajat dengan Allah dalam shalat, langsung tanpa perantara untuk menuju kehadirat-Nya. Ruku’ adalah menunjukkan lemahnya manusia dihadapan Allah, harus mensyukuri terhadap anugerah-Nya, dan untuk senantiasa memohon ampun atas dosa yang telah dilakukan. Duduk takhiyat artinya mengharap petunjuk dan rahmat dari Allah, serta rahmat dan salam semoga tercurah kepada Nabi beserta keluarganya. Salam yang kekanan adalah ditujukan untuk para malaikat yang memberikan kemuliaan, salam yang kekiri untuk para malaikat katibin.
e.    Pupuh Wiyos
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pupuh ini menjelaskan tentang hakikat roh idafi, yang disebut sebagai  a’yan tsabitah dan adam mumkin. Lebih lanjut dalam pupuh ini menjelaskan tentang wujud sejati yaitu Nur Muhammad.
f.    Pupuh Asmaradana
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pada Pupuh ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai Nur Muhammad sebagai asal usul segala kejadian amal perbuatan dan ilmu pengetahuan, serta dengan perantara Nur ini seluruh alam ini dijadikan.
g.    Pupuh Sinom
SINOPSIS SULUK SUJINAH. Pupuh ini menjelaskan tentang asma sejati adalah milik Allah yang bersatu dalam zat, sifat dan nama-Nya, dan  Allah tidak ada yang menyerupainnya.

SINOPSIS SULUK SUJINAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kang Hikam

0 komentar:

Post a Comment